Monday, March 24, 2014

Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Pengertian Sistem
Menurut O’Brien (2005: 33), sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang saling berhubungan, bekerja bersama untuk  mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur. Sistem seperti ini sering disebut sebagai sistem dinamis karena memiliki tiga komponen atau fungsi dasar yang berinteraksi, input, proses dan outputinput melibatkan penangkapan dan perakitan berbagai elemen yang memasuki sistem untuk diproses. Pemrosesan melibatkan proses transformasi yang mengubah input menjadi output. Output melibatkan perpindahan elemen yang telah diproduksi oleh proses transformasi ke tujuan akhirnya.

Pengertian Sistem InformasiMenurut O’Brien (2005, p5), sistem informasi adalah suatu kombinasi terartur apapun dari people (orang), hardware (perangkat keras), software (piranti lunak), computer networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi

Manfaat dan Kegunaan Sistem Informasi

       a. Mendukung proses dan operasi bisnis.
       b. Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manager
       c. Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetetif
       d. Area fungsional utama dari bisnis
       e. Kontributor penting dalam efisiensi operasioanl, produktifitas, dan moral pegawai, serta layanan dan kepuasan pelanggan.

   f. Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan dan menyebarkan pengembalian keputusan yang efektif para manager dan praktisi bisnis.

Komponen Sistem Informasi

    People ResourceSemua pihak yang bertanggung jawab dalam hal penyokong atau sponsor sistem informasi (system owner), pengguna sistem (system users), perancang sistem (system designer) dan pengembang sistem informasi (sistem development.
       System ActivitiesSekumpulan aturan atau tahapan-tahapan untuk membuat, memakai, memproses dan mengolah sistem informasi ataupun hasil keluaran dari sistem informasi tersebut.
Data
Secara konseptual, data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi yang tidak mempunyai makna dan tidak berpengaruh langsung secara langsung kepada pemakainya atau disebut juga sebagai sekumpulan fakta mentah dalam isolasi.
Hardware
,  Perangkat keras yang meliputi piranti-piranti yang digunakan oleh sistem komputer untuk masukan dan keluaran yang terdiri dari komputer, printer, jaringan
Software
Sekumpulan instruksi-instruksi atau perintah-perintah yang memungkinkan perangkat keras bisa digunakan untuk memproses data, atau sering disebut sebagai program.
Network
Sistem penghubung yang memungkinkan suatu sumber dipakai secara bersama-sama, baik pada waktu dan tempat bersamaan ataupun berbeda

Aktifitas Sistem Informasi
  •      Input Sumber Daya DataInput biasanya berbentuk aktivitas entri data seperti pencatatan dan pengeditan. Aktivitas ini dilakukan dengan menggunakan fasilitas input komputer misalnya keyboard, scanner atau alat lain yang berfungsi sebagai fasilitas input. Data yang diinput   dapat berupa angka, huruf dan teks.
  •        Pemrosesan data menjadi informasiData yang diinput kemudian di proses agar menjadi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pemrosesan data dari hasil input dapat berupa perhitungan,   perbandingan, pemilahan, pengklasifikasian, dan   pengikhtisaran.
  •        Output Produk InformasiProduk informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan data dalam berbagai bentuk dikirim ke pengguna dengan aktivitas output. Produk informasi ini dapat berupa pesan,laporan, formulir, hasil perhitungan, gambar, grafik yang dapat disediakan melalui tampilan multimedia, produk   kertasvideo dan audio.
  •        Penyimpanan Sumber Daya DataPenyimpanan adalah aktivitas sistem informasi tempat data dan informasi disimpan untuk digunakan kemudian sesuai dengan kebutuhan. Proses penyimpanan ini berlangsung selama sistem ini bekerja.

No comments:

Post a Comment